Skip to main content

follow us

KELUAR DARI KOTAK KENYAMANANMU

Beberapa minggu ini, saya menghadapi banyak masalah dalam pekerjaan saya. Beberapa klien mengajukan kasus-kasus yang rumit, yang membuat saya harus berpikir dan mengubek-ubek peraturan yang saya ketahui. Lalu, dengan berdasarkan pengalaman selama ini, saya harus membuatkan draft akte untuk kasus-kasus mereka.

Semua kasus klien saya adalah kasus yang memusingkan kepala saya, tetapi saya terima pekerjaan itu. Karena bagi saya, hal itu adalah tantangan. Dan, ketika saya berhasil mengerjakannya, saya pun tersenyum puas. Satu kesulitan berhasil saya hadapi. Ilmu dan pengalaman saya pun bertambah. Coba, kalau saya tolak permintaan mereka, mungkin ilmu dan pengalaman saya akan tetap begitu-begitu saja.

Saya pun sadar, bahwa ternyata saya sudah berani bertindak di luar kotak. Yah, dengan mencoba menyelesaikan kasus para klien yang antik-antik, secara tak langsung saya sudah melangkah dari kotak kenyamanan saya.  Saya tak lagi hanya bisa menyelesaikan kasus-kasus yang mudah, tetapi sudah menambah satu level ilmu hukum saya.

Mengingat hal ini, saya pun terkenang akan sebuah kisah yang pernah diceritakan oleh paman saya.  Yuk, kita simak kisahnya.

Alkisah ada seorang anak yang namanya Chin Mi, belajar kung fu di kuil Dairin. Setelah tekun belajar, dia jadi jagoan di kuil itu dan sekitarnya. Tiba-tiba datang seorang anak lain, Sie Fan, yang juga belajar kung fu ala kuil Dairin. Umur sama, jurus sama, lama berlatih sama. Tapi kung fu Sie Fan jauh di atas Chin Mi. Kekuatannya, kecepatannya semua lebih unggul. Sang guru pun bingung mengapa kedua anak ini berbeda. Setelah ditanya oleh sang guru, ternyata  Sie Fan berlatih di luar kuil, bertemu dengan berbagai tantangan yang tidak dapat ditemukan di dalam kuil. Pengalaman di luar "kotak " kuil Dairin memungkinkan dia berkembang maju dengan cara yang berbeda.

Setiap kita juga bisa memiliki perkembangan dalam hidup, jika memiliki cara pandang  yang berbeda dari biasanya, dan bertindak di luar kotak. Edward de Bono berkata, "Anda tidak bisa mendapatkan lubang yang berbeda dengan menggali lebih dalam lubang yang sama." Ini berarti bahwa kita tidak akan menemukan hal baru, yaitu hal-hal yang tidak pernah kita temui dan alami sebelumnya, jika kita masih berada pada cara pemikiran yang sama.

Jika kita berani mengambil keputusan untuk keluar dari kotak dan zona nyaman kita, barulah hal-hal baru, inovasi, pengalaman, dan keberhasilan baru yang tidak pernah kita bayangkan bisa menghampiri kita. Berpikir di luar kotak berarti menghilangkan penilaian yang telah kita batasi dengan pemikiran kita sendiri, dan juga melawan kecenderungan kita yang ingin selalu nyaman.

Merencanakan tujuan-tujuan hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan dan yang dirancang untuk kemuliaan Tuhan adalah hal yang menyenangkan bagi Tuhan. Untuk itu diperlukan cara berpikir yang kreatif  dan tindakan proaktif agar mampu bertindak di luar kotak. Jikalau pada umumnya orang menunggu kesempatan datang kepada mereka, tetapi orang yang proaktif akan memiliki inisiatif dan daya juang yang tinggi, semangat, kuat, pintar, dan sergap untuk mencari dan mengejar kesempatan. Berani mencoba segala sesuatu tanpa harus melanggar prinsip kebenaran. Jadilah orang yang senantiasa memaksimalkan kemampuan yang Tuhan anugerahkan. Banyak belajar dalam kehidupan, banyak menambah wawasan. Dengan demikian hidup kita akan menjadi lebih maju dari biasanya. Janganlah kesulitan hidup membatasi pikiran kita dan menghambat kuasa Tuhan dinyatakan di dalam hidup kita. Percaya dan bertindaklah sesuai janjiNya.



You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar