Cara Mencegah dan Mengatasi Serangan Jantung

Cara Mencegah dan Mengatasi Serangan Jantung - Serangan jantung biasanya terjadi ketika darah beku menyumbat aliran darah yang melalui coronary arteries - pembuluh darah yang memberikan suplai darah ke otot jantung. Terganggunya aliran darah ke jantung dapat merusak dan menghancurkan otot jantung.

Serangan jantung, juga disebut myocardial infarction, sering fatal. Gaya hidup anda secara keseluruhan - apa yang anda makan, seberapa sering anda berolahraga dan cara apa yang anda ambil ketika stress - memainkan peran pada pemulihan serangan jantung. Sebagai tambahan, gaya hidup sehat dapat membantu anda mencegah serangan jantung dengan mengontrol faktor risiko yang berkontribusi menyempitkan arteri koroner yang menyuplai darah menuju jantung.

Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.

Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

Berikut ini cara mencegah dan Mengatasi serangan jantung:

Tidak ada kata terlambat untuk mengambil langkah dalam mencegah serangan jantung - bahkan jika anda telah mengalaminya. Mengambil pengobatan medis dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung berikutnya dan menolong jantung anda yang telah rusak berfungsi dengan lebih baik. Faktor gaya hidup juga memainkan peran penting dalam pencegahan serangan jantung dan pemulihannya.

Pengobatan medis

Dokter biasanya memberikan resep obat terapi pada mereka yang memiliki serangan jantung atau mereka yang memiliki risiko tinggi akan mengalami. Pengobatan medis yang membantu jantung berfungsi secara lebih efektif atau mengurangi risiko serangan jantung antara lain:

Blood-thinning medications. Aspirin membuat darah membuat darah lebih sedikit mengental. Dokter merekomendasikan aspirin harian untuk banyak dari mereka yang memiliki serangan jantung. Dokter anda mungkin, pada beberapa kasus, memberi resep obat pengencer darah yang lebih kuat daripada aspirin.

Dokter mungkin memberikan resep aspirin dan obat anti pengentalan darah, seperti clopidogrel (Plavix), pada mereka yang menjalani angioplasti atau prosedur untuk membuka coronary arteries yang menyempit, obat itu diberikan sebelum dan sesudah prosedur.

Jika anda menggunakan aspirin untuk mencegah serangan jantung, berhati-hatilah untuk mengambil pereda rasa sakit ibuprofen (Advil, Motrin, dan lainnya) karena pada saat yang sama dapat meningkatkan risiko masalah gastrointestinal dan dapat mempengaruhi manfaat dari aspirin. Jika anda membutuhkan penghilang rasa sakit untuk kondisi tertentu, seperti arthritis, diskusikan dengan dokter anda mana yang tepat bagi anda.

Beta blockers. Obat ini menurunkan rata-rata detak jantung dan tekanan darah, mengurangi tuntutan pada jantung anda dan membantu mencegah serangan jantung selanjutnya. Banyak pengidap akan membutuhkan beta blockers pada masa “istirahat” dihari mereka dengan serangan jantung yang sering menyerang.

Penghambat Angiotensin-converting enzyme (ACE). Dokter akan memberikan resep penghambat ACE untuk banyak pengidap setelah mengalami serangan jantung, khususnya pada mereka yang memiliki serangan jantung parah yang mengurangi kapasitas pemompaan jantung. Obat ini menyebabkan darah lebih mudah mengalir dari jantung, mencegah beberapa komplikasi akibat serangan jantung dan membuat serangan jantung berikutnya lebih ringan.

• Obat penurun kolesterol. Ada beberapa jenis obat, seperti statin, niacin, fibrates dan bile acid sequestrant, dapat membantu menurunkan kolesterol darah yang tidak diinginkan. Sebagian besar mereka dengan serangan jantung menggunakan obat penurun kolesterol yang membantu menurunkan risiko serangan jantung berikutnya. Pengobatan ini dapat membantu mencegah serangan jantung di masa depan bahkan jika kolesterol anda tidak tinggi pada saat serangan jantung.

Perubahan gaya hidup
Sebagai tambahan pada pengobatan medis, perubahan gaya hidup dapat membantu memulihkan anda dari serangan jantung juga dapat membantu pencegahan terjadinya serangan jantung di masa depan. Antara lain:
• Tidak merokok
• Mengontrol kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes
• Tetap aktif secara fisik
• Makan makanan sehat
• Jaga berat badan yang sehat
• Kurangi dan kendalikan stress

 Baca juga artikel Gejala dan Penyebab Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai